Si Pitung Jawara Dari Kampung

Posted: October 21, 2009 in Illustration
Tags: , , ,

Akhirnya niat saya dalam menggambarkan seorang tokoh nasional terwujudkan. Si Pitung Jawara Dari Kampung! Ya Kampung Betawi yang kini sudah bertransformasi menjadi kota modern Jakarta. Anyway, saya pilih Si Pitung karena ia adalah tokoh fenomenal di masyarakat. Karena ia merupakan sebuah simbol pemberontakan penduduk lokal karena adanya ketidakadilan. Ia menggunakan kemampuannya untuk membela kaum lemah dari penindasan tuan-tuan tanah Belanda dan Cina. Sayangnya saya tidak akan banyak membahas Si Pitung di sini, anda bisa membaca sejarah singkatnya di sini.

Kembali ke ilustrasi Si Pitung ini, seperti biasa awalnya saya membuat sketsa dengan pensil kemudian discan, dan coloring dengan mouse tablet genius saya (pakai seadanya, soalnya belum mampu beli wacom intuos hehe). Bedanya, dalam proses coloring Si Pitung Saya hanya menggunakan 1 jenis brush, dengan pola tekstur bilik. Warna yang saya pilih sengaja mencolok karena terinspirasi dari warna baju-baju pesta adat betawi. Latar belakang bangunan belanda yang saya pakai untuk menjelaskan setting ilustrasi.

Untuk warga Betawi dan sekitarnya, ini adalah dedikasi saya untuk mencoba membangkitkan semangat Anda. Jangan mau kalah bersaing dengan pendatang apalagi warga asing. Jangan berleha-leha karena Jakarta adalah tanah leluhur Anda. Mari kita sama-sama bangkit membangun masa depan dengan cara yang baik. Selamat Berkarya!

Comments
  1. Teman si Pitung says:

    Makin hari, makin detail.
    Makin dekat dengan wacom cintiq 21″.
    Jangan lupa kalo dah nyampe wacomnya kirim satu kesini.

    Sipp..

    Keep up the good work!!

    • admin says:

      hehe makasih bos. skrg udah ada intuos, jd lg asik2nya joged dgn dia.
      jgn lupa salam buat bang pitung 😉

  2. Saccarrep says:

    Wuihhh mantep gambarnya bos 🙂

  3. adi says:

    mantab bgt gambarnya.. ane salut bos..:)
    btw, mohon ijin.. boleh ga.. gambarnya ane jadiin gambar profil di FB..?

  4. admin says:

    silahkan gan, asal jangan diklaim bikinan sendiri ya. yang penting terus berkarya… tul gak?

  5. adi says:

    kalo gitu terima kasih ya Bos..
    betul ane setuju.. merdeka..!

  6. pratama says:

    bg..ane mohon ijin wat foto fb nih…mkasih

  7. admin says:

    @ pratama : oke bos…

Leave a Reply

