Tutorial Digital Painting

Posted: November 22, 2009 in Tips n Trik
Tags: , ,

Oke brur n sis, kali ini saya akan mencoba berbagi tips mengenai digital painting dengan menggunakan tablet (mouse pen). Tablet yang saya gunakan ialah wacom intuos. Sebenarnya teknik ini bisa saja digunakan tanpa menggunakan tablet, namun ada beberapa fasilitas photoshop yang tidak bisa digunakan seperti shape dynamic pada tab brush preset. Software yang dibutuhkan tentunya photoshop. Teknik yang saya gunakan cukup sederhana. Jadi bila kamu-kamu yang masih belum mahir menggambarpun pasti bisa mencobanya dengan baik. 1..2..3 GO..!

  1. Pertama, siapkanlah gambar/foto yang akan kita warnai. saya menggunakan ilustrasi buatan saya, seorang lelaki yang sedang menodongkan pistol.

    step 1

  2. Kemudian buat file baru (ctrl+N) dengan dimensi 800 x 800 dengan resolusi 150 dpi dan color mode RGB.
  3. Copy – paste gambar / foto ke dokumen yang baru tadi. dan rename layer propertiesnya menjadi garis. Jika gambar terlalu kecil / besar, lakukan Free Transform (Ctrl+T) untuk menyesuaikan dengan bidang gambar.
  4. Buat layer-layer baru (ctrl+shift+N). Sesuaikan dengan jumlah segmen yang akan diwarnai. Pada gambar saya, saya menggunakan beberapa layer untuk bagian kulit, baju, celana, sepatu, topi dan others. ubah semua layer tersebut ke mode multiply. Semua layer ini harus di atas layer garis.

  5. Buat lagi layer baru dan beri nama warna. Goreskan warna-warna yang akan digunakan untuk semua segmen pada layer ini. misalkan pada segmen kulit, gunakan 3 warna. coklat muda, coklat sedang dan coklat tua. begitu juga di segmen-segmen yang lain. Sapukan warna-warna tersebut dengan menggunakan brush tool (B).  Mode : normal, opacity : 100, dan flow : 100.
  6. Nah sekarang kita mulai dengan segmen-segmen yang ada. Mulai dari kulit, pindah ke layer kulit dan sapukan brush dg warna coklat muda, gunakan mode : multiply, opacity : 15, dan flow : 50. Klik kanan dan setting hardness brush dengan nilai 25. Dengan mode multiply dan opacity kecil akan memudahkan kita untuk menghaluskan permukaan dan meratakan perwarnaan. Sifat brush multiply akan menambah opacity warna bila disapukan berulang-ulang di bagian yang sama. Dan jangan lupa untuk menentukan arah datangnya sinar ke objek yang akan kita warnai.
  7. Sapukan ke semua bagian kulit dengan sambil mengubah nilai brush opacity di kisaran 15-50. Mainkan juga ukuran brush. Bagi kamu yang masih menggunakan keyboard untuk shortcut, perkecil brush ( [  ) perbesar brush ( ] ). Lakukan langkah ini di segmen-segmen yang lain sesuai dengan panduan warna yang kamu buat di layer warna. Dalam tool brush, jika kamu menekan (alt) maka cursor akan berubah ke mode eye dropper. Ini memudahkan kita untuk memilih foreground colour tanpa harus pindah ke tool eye dropper (I).
  8. Jika semua segmen sudah diwarnai, kini saatnya memberikan arsiran yang agak kasar. Tekan F5 untuk menampilkan brush preset dan centang kotak shape dynamic. Maka goresan brush akan menyesuaikan ketebalannya dengan penekanan pen pada tablet. Semakin pen ditekan ke tablet maka goresan yang dihasilkan akan semakin tebal. Gunakan setting
  9. Untuk selanjutnya adalah proses finishing. Proses ini akan disesuaikan dengan kreatifitas kita masing-masing. Maksimalkan warna-warna pada segmen yang sudah ada dan gunakan fasilitas shape dynamic supaya arsiran menjadi lebih baik. Jangan lupa juga untuk mengisi warna background supaya gambar lebih terasa full. Berikut adalah finishing yang saya sempurnakan dari gambar di atas.
  10. Nah kalo begitu selamat mencoba! Dan jangan lupa tinggalkan commentnya. Thanks   😉

    Advertisements
    Comments
    1. Diamond says:

      Hei, Brur…gw suka sama tutorialnya…tapi post-in jg dunk bro how to make background….coz background gambar lo bagus tuh…kyennn

    2. admin says:

      thanks brow, backgroundnya sendiri ngambil dr stock photo dengan ditambahin bbrp layer lagi n diefekin pake brush jenis water color.

    3. gil7x says:

      bro…ada tutorial yg di bikin dengan mouse aja ga??ane g punya tablet nih…kalo d atas kan ada langkah yg khusus pake tablet.nah ane butuh yg murnu dari mouse.
      tolong d share ya brader.terimakasih sebelumnya.

      • admin says:

        halo bro. sbnrnya teknik itu ga pake tablet jg bisa ko. di sini lebih menekankan pembagian layernya. tablet itu cuma mempermudah untuk memberikan efek arsiran. klo pake mouse, coba maenin di opacity n size brushnya aja. trus coba juga dengan mode multiply. smg bermanfaat 🙂

    4. gil7x says:

      oh begitu masbro…
      sip dah…jadi ane ga perlu putus asa,coz slama ni kbnyakn digital painting tu pake tablet…
      sangat bermanfat brader…tengkyu n keep posting!!!
      :regard

    5. Jubata Blest says:

      brur… ane bru liat blog ente sekrang… thx 4 tutorialny….

    6. pyan says:

      thanks sy akan mencobanya tutorial nih

    7. makasih ya, sangat berguna buat saya yang masih tradisional. pernah main2 potosop tp belum coba shape dynamic.

    8. sangat berguna buat saya, makasih

    Leave a Reply

    Fill in your details below or click an icon to log in:

    WordPress.com Logo

    You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

    Twitter picture

    You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

    Facebook photo

    You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

    Google+ photo

    You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

    Connecting to %s