Kemasan Teh Tarik Aulia

Posted: November 11, 2012 in Packaging
Tags: , , ,

Teh Tarik Aulia, desain kemasan, bjoetejoKali ini saya dapat job dari rekan baik saya Malik Gunawan, seorang pengusaha muda dari Bogor yang gigih, tekun dan memiliki pendirian yang kuat. Semoga beliau makin sukses 🙂 Ya… kali ini beliau menghubungkan saya dengan seorang klien yang ingin didesainkan kemasan produknya yaitu Teh Tarik Aulia. Bagaimana prosesnya?

Melengkapi Brief Design
Hal ini sangat penting untuk mendapatkan informasi2 yang dibutuhkan untuk mendesain dalam hal ini kemasan. Klien menginginkan kemasan yang mencitrakan produk Indonesia, kehangatan, tradisional namun dikemas secara modern. Informasi yang perlu dilengkapi untuk mendesain kemasan pun saya lengkapi seperti, merk produk, nama produsen, lokasi produsen, komposisi, nomor izin, cara penggunaan, kehalalan (bila ada), dan lainnya.

Research Design
Saya berkeliling google terlebih dulu untuk review tren desain kemasan terkini, dan menggabungkan ide “Indonesia” ke dalam desain nantinya

Developing Design
Saya mulai dengan pembentukan logo merk. Lalu dimulai dengan membuat 2 draft desain. Saya menonjolkan merk “AULIA” kemudian baru nama generik produk “Teh Tarik”. Hal ini agar memudahkan orang untuk mengingat merk tersebut. Pada desain 1 saya membuat nuansa mono-tone dengan coklat tua yang dipadukan dengan tekstur sulur. Menimbulkan kesan alami (warna tanah), tradisional dan kehangatan. Pada desain 2 saya membuat dengan layout yang lebih modern. Dengan tata letak yang lebih simple, clean, dan sangat menonjolkan merk. Perpaduan warna putih hijau lumut, coklat sebagai background dan sentuhan tekstur daun dengan gradasi hijau. Berikut penampilannya:

   Teh Tarik Aulia, desain kemasan, bjoetejo

Delivering Design & Revisi
Saya kirim 2 desain tersebut untuk dipilih salah satu. Jangan lupa untuk membuat watermark pada draft desain yang akan anda kirim. Agar menghindari tahap yang tidak diinginkan. Terpilihlah desain-2 dengan catatan masukkan unsur coklat muda (warna teh tarik) untuk menggantikan dominasi putih. Selain revisi desain, ada juga revisi mengenai content.

Final Design & Finishing
Dimodiflah desain tersebut hingga tampak seperti ini.

Transfer terselesaikan, watermark dilepas, dan desain dengan format AI dikirim. 1 job tuntas, lanjut kita buka ‘toko desain’ lagi…Ayo-Ayo…dipesan-dipesan… 😀

 

Teh Tarik Aulia, Desain Kemasan, Minuman Tradisional

Comments
  1. berlandio says:

    Taglinenya beda-beda, apa mungkin brand ownernya belum menentukan tagline/brand message nya ya? Ada yang “From high quality selected tea” ada juga yang “Drink tea with special taste”.

    Kalau di marketing mix, brand message ini penting untuk edukasi konsumen tentang apa yang ingin brand ini ingin sampaikan. Demikian juga logo bro, itu logonya beda2 juga formatnya 🙂

    By the way tapi desainnya keren, muantabb!

    Bikinin kartun dirikoe dooong 😥

    • bjoetejo says:

      Kan dijelasin kalo ane bikin 2 alternatif untuk draft desain. Jadi semua unsur di sana, baik logotype, tagline, color theme memang dibuat berbeda dan murni usulan ane. Jadi sebenernya selain desain kemasan, ini juga soal mendesain logo… xixixixi… harusnya dihitung juga nich…
      Btw, Thanks yach udah mampir… senangnya 😀

  2. halo…salam kenal bro

Leave a Reply

