Menghitung Harga Desain [Reblog]

Posted: January 28, 2014 in Tips n Trik
Tags: , , ,

thumb.freelance.design-300x100pxMenjadi seorang desainer grafis freelance terkadang mengalami kendala menghitung harga desain yang kita buat.  Banyak yang perlu dihitung ternyata jika memang betul-betul ingin mengukur sesuai standar yang kita inginkan. Memang agak rumit tapi ini fakta.

Berikut ini contoh kasus bagaimana menghitung harga desain kita yang diilustrasikan oleh seorang desainer grafis yang sudah malang melintang di dunia per-freelance-an. Cara ini bisa dipakai untuk menghitung semua jasa desainer, baik sekedar retouching foto, publishing item sampe ke corporate identity. Simak ya!

Komponen terpenting dalam penghitungan harga jasa desain ialah:

  1. Indeks / standar harga per jam kerja.
  2. Tahapan kerja dan proses kreatif.


METODE 1: Indeks Per Jam Kerja
Si Bejo baru aja lulus Fakultas Desain di Jakarta. Bejo sedang melamar kerja dan mengetahui bahwa rata-rata gaji seorang desainer baru lulus adalah antara Rp. 1,2 hingga 2jt. Pertanyaannya, berapa indeks per jam kerja Bejo? Kita anggap Bejo berangan-angan bergaji 2jt sebulan:

Jam kerja: 8 jam perhari (minus istirahat)
Jumlah hari kerja sebulan: 22 hari.

Jadi indeks per jam kerja Bejo:

Rp. 2.000.000 : 8 : 22 = Rp. 11.363,-
Kita bulatkan aja biar gampang: Rp. 12.000,-

(btw, kalo lu gak suka matematika, sebaiknya jangan coba-coba jadi desainer bro!) LOL

#Jadi indeks per jam Bejo adalah Rp. 12.000,-#

Suatu ketika Bejo dapet order bikin flyer, wah 1st customer, harus dipuasin banget nih, soalnya ngarepin ordernya bakalan kontinyu (harapan semua desainer pro,..ha..ha..) Oh ya, pro di sini bukan berarti jago ya, tapi kerja ngedesain buat cari duit.

Si klien mulai ngejelasin konten flyernya:

Triing!..dapet deh brief klien di Email..

kamu harus bikin logo, tapi harus diredraw dulu konsepnya (nge-path trace bo’). Tulungin yak, cariin foto buat bekgron skalian, Oh iya, teksnya ada nih di ms. word tapi blom lengkap, nih saya kasih printnya.

 Nah gini mas, bos saya maunya kamu kasih beberapa alternatif, yah biar seneng aja bos saya nanti kerjaannya kontinyu lho, kita juga mau bikin bla.bla..bla..(sebagai desainer, lu seneng gak denger kayak beginian,..gw sih udah kebal dah,..keseringan klien ngomong gini..sebenernya sih minta diservice dan diskon aja,…..he..he..)

Oh ya mas Bejo,..bos saya tuh gaptek gak bisa buka imel, jadi nanti desainnya di print aja, anter aja ke kantor ya,..saya tunggu lho.

Pertanyaan, berapa harga desain yang harus diajukan?

  • Gini cara ngitungnya:
  • Redraw logo: 3 jam
  • Browsing cari bekgron: 3 jam
  • Ngetik teks: 1 jam (padahal sih cuma 15 menit)
  • Mikirin konsep: 4 jam
  • Bikin sketsa desain: 4 jam
  • Mulai ngelayout: 1 alternatif 4 jam, 3 alternatif berarti 12 jam
  • Ngeprint kalo gak ada error: 1 jam
  • Abis diprint merasa gak sreg, bikin revisi dulu: 2 jam
  • Ngeprint lagi dan nempelin ke karton hitam biar keren kalo diprensentasi-in: 2 jam
  • Lama perjalanan ke klien: 2 jam pp

TOTAL PROSES Pengajuan Desain: 34 jam

Eit, blom selesai nih, ada lagi:

Kalo ada revisi:

  • Desain terpilih ada 2, minta dikombinasi: 6 jam.
  • Ngeprint lagi: 2 jam
  • Balik lagi ke klien: 2 jam

TOTAL 1 kali revisi: 10 jam.
Berapa kali kemungkinan revisi? Misalnya 3 kali: Total 30 jam.

Eiiitt,..masih ada lagi: Nyiapin data separasi / FA

  • Cek warna desain yang sudah dipilih: 1 jam
  • Cek kualitas foto2 yang digunakan: 1 jam
  • Proses postcript file: 1/2 jam
  • Proses ke PDF high quality: 1/2 jam
  • Burning ke CD: 1/2 jam
  • Final print: 1/2 jam
  • Anter lagi ke klien: 2 jam

TOTAL PROSES Pra-Cetak: 6 jam

JADI TOTAL JAM KERJA ADALAH: 70 jam, dikalikan indeks per jam kerja Bejo: Rp. 12.000,-

= Rp. 840.000,- (diluar biaya cari untung)

Pantes kan? itu METODE 1 menghitung harga untuk pengajuan desain 3 alternatif sudah termasuk data FA / Separasi.



METODE 2: Berdasarkan Investasi Alat dan Pendidikan

Untuk metode ke 2, lebih menerapkan perhitungan bisnis, dan sangat personal, karena bisa terselip target2 pribadi di sini.

Joe selepas D3 desain grafis dapet panggilan kerja untuk ngedesain di Irian Jaya, di puncak gunung dengan fasilitas internet yang ngebut banget karena pake satelit. Joe lagi video chat sama bokapnya. Gini ceritanya:

Joe bilang ke bokapnya kalo dia mau balik aja ke Jakarta biar deket sama bininya sekaligus deket sama sumber perputaran uang. Joe lagi nego supaya dapet hibah duit untuk memulai usaha desain grafis.

Ini yang diajukan Joe:

  • Unit PC Core i7, RAM 8 Gb, 24″ LCD IPS widescreen: Rp. 8jt.
  • 1 Unit PC P4 seken untuk administrasi, Rp. 2jt.
  • 1 Unit macbook buat presentasi (biar gengsi) Rp. 10jt
  • Printer warna plus laserjet, Rp. 2jt
  • Scanner, Rp. 1,2jt
  • Seperangkat meja kursi Rp. 3jt

Total Rp. 26.200.000

“Gak mahal kok Pa, cuma 30jt. Mana ada usaha jaman sekarang cuma modal 30jt” kata Joe.
“Enak aje lu, emang usaha cukup segitu doang kebutuhan-nya? Lu mau kerja di mana? Gw gak mau lu kerja dirumah ntar lu nebeng listrik ama telpon, gw juga yang bayar!”
Galak banget emang si Papanya Joe.,” Hitung lagi!”

Joe berhitung lagi:

  • 1 Unit PC Core i7, RAM 8 Gb, 24″ LCD IPS widescreen: Rp. 8jt.
  • 1 Unit PC P4 seken untuk administrasi, Rp. 2jt.
  • 1 Unit macbook buat presentasi (biar gengsi) Rp. 10jt
  • Printer warna plus laserjet, Rp. 2jt
  • Scanner, Rp. 1,2jt
  • Seperangkat meja kursi Rp. 3jt
  • Kontrak rumah buat kerja: Rp. 2,5jt sebulan, kali2 gak ada order selama 3 bulan, Joe ngajuin 3×2,5jt, = Rp. 7,5jt.
  • Takut kewalahan harus kerja sendiri, takut juga gak bisa cari order banyak, Joe nambahin biaya staf admin, sekaligus tukang ketik, jualan, jaga kantor, bikinin kopi. Gaji 1,5jt kayaknya cukup.3 bulan x 1,5jt = Rp. 4,5jt.
  • Berhubung si Papa perhitungan, biaya bensin mobil sama motor buat operasional mesti diitung juga: Kira2 buat 3 bulan Rp. 5jt.

Biaya listrik, biaya internet, uang saku,… di sini Joe mulai pusing dan ragu, apakah Papanya mau ngasih duit, karena setelah dihitung2 poin 10 ini. hampir 10 juta sendiri.

Akhirnya Joe mulai mikir2 mesti cari staf yang sehat, gak perokok, gak maen cewek/cowok, alim, rajin gak suka ngebut, soalnya Joe takut, kalo stafnya sakit n kenapa2, mesti bantu duit juga. Sekali lagi Joe mikir, mending jadi pegawai aja kali, …aduh.

“BUZZ” Papanya Joe ngebuzz,..heh, masih di situ gak? Berapa totalnya..?”

Total: 26,2 + 27 = Rp. 53.2 jt.

“60 juta, Pa,” Kata Joe.
“Biaya kuliah udah lu itung blom”
“Wah, masa diitung sih Pa…?”
“Iya dong,..lu pikir itu bukan duit? Lu itung biaya kuliah, plus biaya2 kursus yang lu ikutin. Sapa suruh kuliah di UK, pake kursus segala di US!”
Aduh, pusing gak tuh, biaya kuliah hampir 200jutaan termasuk uang pangkal. Jadi total Rp. 260jt.
“Gini, Papa pinjemin 70jt, hitung sama kuliah, trus tentuin lu mau balik modal kapan?” Astaga, si Papa itung2an bisnis sama anaknya.
Alot juga, akhirnya sepakat balik modal (ROI) dalam 3 tahun.

Sekarang kita hitung indeks jam kerja si Joe:

Investasi: Rp. 260jt.

260jt : 3th : 12 bulan : 22 hari kerja : 8 jam = Rp. 41.000,- /jam.

Akhirnya Joe dapet proyek flyer juga. Rupanya Joe juga dipanggil buat ngerjain flyer yang sama dengan Bejo. Ck..ck..flyer aja dipitching..! Joe juga punya tahapan kerja yang sama dengan Bejo, jadi harga yang diajukan adalah:

70 jam x Rp. 41.000 = Rp. 2.870.000,-

Kira2, desain siapa yang akan dipilih?

Apakah kreatifitas desainer akan mempengaruhi si klien dalam mengambil keputusan?

KESIMPULAN

  • Jangan jadi desainer pro kalo gak suka marketing.
  • Desainer harus bisa matematika, bukan gambar doing.
  • Desain tuh yang penting konsep, pemikiran, bukan perangkat. Jadi mesti pinter2 mutusin perangkat apa yang mo dibeli, jangan asal gengsi beli Mac, tapi kerjaan sebatas setting logo.
  • Desainer harus tahu isu ekonomi, masa setelah 3 tahun harga Joe masih 41rb sejam? Itung dong udah inflasi berapa kali? Bensin udah naik berapa kali? Rendang di resto Padang sekarang berapa? Jadi ini penyebab kenapa biaya jasa kreatif di desain agency besar cukup mahal…

 

Terima kasih untuk Sumber..

Advertisements
Comments
  1. awanyuya says:

    wah baru ngeh saia 😥

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s